Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih – Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris diketahui telah tiba di Bandara Soetta untuk menghadiri acara KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

Kehadirannya untuk menggantikan Presiden AS Joe Biden yang sebelumya diumumkan tidak menghadiri cara tersebut.

Kamala Harris diketahui tiba di Indonesia sekitar pukul 22.00 WIB dan tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Banten.

Wakil Presiden Amerika Serikat tersebut turut disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih
Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Senin (05/06) untuk menghadiri KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Dalam perjalanannya, Kamala Harris menggunakan pesawat khusus Wakil Presiden AS dengan kode ‘Air Force Two’.

Selain Air Force One yang terkenal sebagai pesawat pengangkut Presiden AS, Air Force Two merupakan kode panggil yang digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk pesawat yang digunakan oleh Wakil Presiden AS dalam setiap perjalanannya.

Ada beberapa pejabat yang dapat menggunakan kode panggil ini ketika menumpangi pesawat untuk perjalanan dinasnya.

Di antaranya adalah Wakil Presiden AS, Ibu Negara AS dan anggota kabinet serta kongres AS, dilansir dari laman resmi Angkatan Udara Amerika Serikat.

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super CanggihAdapun kehadiran Wakil Presiden AS Kamala Harris tersebut termasuk ke dalam dialogue partners ASEAN selain Australia, India, Inggris, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, hingga Uni Eropa.

Melansir dari laman resmi Gedung Putih Joe Biden tidak bisa hadir karena harus menghadiri G20. Sehingga, kehadiran Kamala Harris menjadi bentuk komitmen abadi AS kepada Asia Tenggara khususnya terhadap ASEAN.

Melansir dari Britannica Kamala Harris mempunyai nama lengkap Kamala Devi Harris ia adalah kelahiran 20 Oktober 1964 di Oakland, California. Kamala saat ini menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat ke-49 bersama Presiden Joe Biden.

Diketahui ayah Kamala adalah seorang Jamaika yang mengajar di Universitas Stanford dan ibunya merupakan putri dari diplomat India dan seorang peneliti kanker.

Kamala juga mempunyai adik perempuan bernama Maya yang menjadi advokat kebijakan publik.

Kamala pernah belajar Ilmu Politik dan Ekonomi di Harvard University pada 1986 dan memperoleh gelar sarjana hukum di Perguruan Tinggi Hastings pada 1989.

Kamala pernah bekerja menjadi wakil jaksa wilayah dari tahun 1990 hingga 1998 di Oakland.

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih
Reputasinya sebagai jaksa dikenal tangguh terutama ketika ia menuntut kasus kekerasan geng, perdagangan narkoba, hingga pelecehan seksual. Kamala jug naik pangkat menjadi jaksa wilayah di tahun 2004.

Adapun di tahun 2010 Kamala terpilih menjadi Jaksa Agung California dan menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan tersebut. Kariernya terus menanjak hingga membuatnya dikenal sebagai sosok yang sangat menginspirasi.

Salah satu pencapaiannya yang luar biasa adalah ketika ia resmi terpilih menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat bersama Joe Biden. Ia juga menjadi Wapres perempuan pertama hingga orang keturunan Asia Selatan pertama yang terpilih menjadi Wapres.

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih
Kecanggihan Air Force Two

Air Force Two yang digunakan saat ini memiliki basis pesawat Boeing 757-200 yang mendapat modifikasi khusus guna menyediakan transportasi bagi Angkatan Udara AS dan dinamai sebagai C-32. Dalam varian yang lebih detail sebagai pesawat Wakil Presiden AS, penamaan pesawat tersebut menjadi C-32A.

Pesawat ini ditenagai oleh dua mesin jet Pratt and Whitney 2040 yang membuat Air Force Two dapat mencapai kecepatan jelajah 537 mil/jam. Dengan rentang sayap 47,3 meter dan panjang badan 37,9 meter, pesawat ini dapat mengangkut 16 kru beserta 45 penumpang VIP.

Dalam konfigurasi C-32A sebagai Air Force Two, pesawat dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama merupakan ruang komunikasi dengan 10 kursi penumpang bisnis, bagian kedua merupakan ruang khusus bagi Wakil Presiden beserta pejabat negara, bagian ketiga merupakan ruang rapat dan kantor staf serta bagian terakhir merupakan bagian kursi penumpang Non-VIP berjumlah 32 kursi.

Pesawat ini juga dilengkapi sistem keamanan canggih untuk alasan keamanan Wakil Presiden AS. Beberapa fitur keamanan ini tidak disebutkan secara spesifik oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih
Pengoperasian Oleh Angkatan Udara AS

Dalam dinas angkut Angkatan Udara AS, pesawat ini dioperasikan oleh Skadron Angkut Wing Ke-89 Angkatan Udara AS yang bermarkas di Pangkalan Andrews, Maryland.

C-32A sudah beroperasi sebagai Air Force Two sejak Juni 1998 hingga hari ini. Di bawah kendali Angkatan Udara AS, saat ini tercatat ada 4 C-32A yang dapat digunakan oleh Wakil Presiden AS, Ibu Negara AS maupun anggota kongres AS.

Wapres AS ke RI Bawa Air Force 2 Super Canggih

Share: