Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah – Kapulaga telah lama digunakan sebagai bumbu dapur karena rempah ini dapat meningkatkan cita rasa makanan.

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah
Manfaat Kapulaga bagi Tubuh

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah

Selain sebagai penyedap makanan, kapulaga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rempah yang memiliki nama ilmiah Elettaria cardamomum ini mengandung protein, karbohidrat, mangan, serat, magnesium, dan kalium.

Penasaran tentang manfaat kapulaga untuk tubuh? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Manfaat Kapulaga untuk Tubuh

Kapulaga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat kapulaga bagi tubuh.

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat pertama dari kapulaga adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mulut. Rempah ini telah digunakan sebagai penyegar napas sejak zaman Mesir Kuno.

Menurut Healthline, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kapulaga mengandung cineole, yang merupakan antiseptik kuat untuk mengatasi gigi berlubang, bau mulut, dan penyakit gusi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi kapulaga secara rutin ternyata bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), karena rempah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian, peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga setiap hari kepada 20 orang dewasa yang didiagnosis menderita hipertensi.

Setelah 12 minggu, tekanan darah mereka berhasil menurun secara signifikan hingga kembali normal.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menurut jurnal Phytotherapy Research, kapulaga memiliki kemampuan untuk melindungi terhadap infeksi bakteri Helicobacter pylori yang sering terkait dengan tukak lambung.

Selain itu, kapulaga juga berguna dalam mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, nyeri perut, mual, muntah, dan gejala maag.

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah
Menurunkan Berat Badan

4. Menurunkan Berat Badan

Selain itu, kapulaga juga diyakini memiliki potensi untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kapulaga mengandung melatonin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Namun, penting untuk tetap menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga untuk mencapai hasil yang optimal.

5. Mengobati Infeksi

Manfaat lain dari kapulaga adalah kemampuannya dalam mengobati infeksi. Berdasarkan penelitian, ekstrak dan minyak esensial kapulaga mengandung senyawa yang efektif melawan berbagai jenis bakteri umum.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa minyak esensial kapulaga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri Salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan, serta bakteri Campylobacter yang dapat menyebabkan peradangan lambung.

5 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Mampu Turunkan Tekanan Darah
Morfologi Tanaman Kapulaga
Share: